Komponen-komponen Valve yang perlu diperhatikan


KOMPONEN-KOMPONEN VALVE YANG PERLU DIPERHATIKAN

Bagian utama dari jenis katup yang paling umum adalah badan dan kap mesin. Kedua bagian ini membentuk selubung yang menahan cairan mengalir melalui katup.

Tubuh/badan
Tubuh katup adalah selubung luar dari sebagian besar atau semua katup yang berisi bagian internal atau trim. Kap adalah bagian dari selubung yang dilewati batang (lihat di bawah) dan yang membentuk panduan dan meterai untuk batang. Kap biasanya sekrup ke dalam atau dibaut ke badan katup.

Badan katup biasanya logam atau plastik. Kuningan, perunggu, gunmetal, besi cor, baja, baja paduan dan baja tahan karat sangat umum. [1] Aplikasi air laut, seperti pabrik desalinasi, sering menggunakan katup dupleks, serta katup super dupleks, karena sifatnya yang tahan korosi, khususnya terhadap air laut hangat. Katup alloy 20 biasanya digunakan di pabrik asam sulfat, sedangkan katup monel digunakan di pabrik asam fluorida (Asam HF). Katup Hastelloy sering digunakan dalam aplikasi suhu tinggi, seperti pembangkit nuklir, sementara katup inconel sering digunakan dalam aplikasi hidrogen. Badan plastik digunakan untuk tekanan dan suhu yang relatif rendah. PVC, PP, PVDF, dan nilon yang diperkuat kaca adalah plastik umum yang digunakan untuk badan katup.

Kap mesin
Kap mesin bertindak sebagai penutup pada badan katup. Itu umumnya semi-permanen disekrup ke badan katup atau dibaut ke atasnya. Selama pembuatan katup, bagian-bagian internal dimasukkan ke dalam tubuh dan kemudian kap terpasang untuk menahan semuanya di dalam. Untuk mengakses bagian internal katup, pengguna akan melepas kapnya, biasanya untuk pemeliharaan. Banyak katup tidak memiliki kap; misalnya, plug plug biasanya tidak memiliki kap. Banyak katup bola tidak memiliki kap karena tubuh katup disatukan dalam gaya yang berbeda, seperti disekrup bersama di tengah-tengah badan katup.

Pelabuhan
Port adalah saluran yang memungkinkan cairan melewati katup. Port terhalang oleh anggota katup atau cakram untuk mengontrol aliran. Katup paling umum memiliki 2 port, tetapi mungkin memiliki sebanyak 20. Katup hampir selalu terhubung di port-nya ke pipa atau komponen lainnya. Metode koneksi termasuk ulir, fitting kompresi, lem, semen, flensa, atau pengelasan.

Tangani atau aktuator

Pegangan digunakan untuk mengontrol katup secara manual dari luar tubuh katup. Katup yang dikontrol secara otomatis seringkali tidak memiliki pegangan, tetapi beberapa mungkin memiliki pegangan (atau yang serupa) untuk mengesampingkan kontrol otomatis, seperti katup stop-check. Aktuator adalah mekanisme atau perangkat untuk secara otomatis atau jarak jauh mengontrol katup dari luar tubuh. Beberapa katup tidak memiliki pegangan atau aktuator karena mereka secara otomatis mengendalikan diri dari dalam; misalnya, periksa katup dan katup pelepas mungkin tidak memilikinya.

Cakram

Disc katup
Cakram atau bagian katup adalah penghalang yang dapat bergerak di dalam tubuh stasioner yang secara khusus membatasi aliran melalui katup. Meskipun secara tradisional berbentuk cakram, cakram datang dalam berbagai bentuk. Tergantung pada jenis katupnya, cakram dapat bergerak secara linear di dalam katup, atau memutar batang (seperti pada katup kupu-kupu), atau memutar pada engsel atau trunnion (seperti pada katup periksa). Bola adalah bagian katup bundar dengan satu atau lebih jalur antara port yang melewatinya. Dengan memutar bola, aliran dapat diarahkan antara port yang berbeda. Katup bola menggunakan rotor bola dengan lubang silinder yang dibor sebagai saluran fluida. Katup sumbat menggunakan rotor silinder atau runcing yang disebut sumbat. [Ambigu] Bentuk bulat lainnya untuk rotor dimungkinkan juga di katup rotor, selama rotor dapat diputar di dalam badan katup. Namun, tidak semua disc bulat atau bulat adalah rotor; misalnya, katup periksa bola menggunakan bola untuk memblokir aliran balik, tetapi bukan rotor karena mengoperasikan katup tidak melibatkan rotasi bola.

Kursi

Katup bola
Kursi adalah permukaan bagian dalam tubuh yang bersentuhan dengan cakram untuk membentuk segel anti bocor. Dalam disk yang bergerak secara linier atau berayun pada engsel atau trunnion, disk akan bersentuhan dengan kursi hanya ketika katup ditutup. Dalam disk yang berputar, kursi selalu bersentuhan dengan disk, tetapi area kontak berubah saat disk diputar. Kursi selalu tetap relatif relatif terhadap tubuh.

Kursi diklasifikasikan berdasarkan apakah mereka dipotong langsung ke dalam tubuh, atau jika mereka terbuat dari bahan yang berbeda:

Kursi keras merupakan bagian integral dari tubuh katup. Hampir semua katup logam yang duduk keras memiliki sedikit kebocoran.

Kursi lunak dipasang ke badan katup dan terbuat dari bahan yang lebih lembut seperti PTFE atau berbagai elastomer seperti NBR, EPDM, atau FKM tergantung pada suhu operasi maksimum.

Katup tempat duduk lunak tertutup jauh lebih kecil kemungkinannya bocor saat ditutup sementara katup yang keras lebih tahan lama. Gerbang, globe, dan katup periksa biasanya susah duduk sedangkan kupu-kupu, bola, steker, dan katup diafragma biasanya lunak.


Batang

Batang mentransmisikan gerakan dari gagang atau alat pengontrol ke cakram. Batang biasanya melewati kap saat ada. Dalam beberapa kasus, batang dan cakram dapat digabungkan menjadi satu bagian, atau batang dan pegangan digabungkan menjadi satu bagian.

Gerakan yang ditransmisikan oleh batang mungkin gaya linear, torsi rotasi, atau beberapa kombinasi dari ini (katup sudut menggunakan pin reaktor torsi dan Hub Hub). Katup dan batang dapat diulir sedemikian rupa sehingga batang dapat disekrup ke dalam atau keluar dari katup dengan memutarnya ke satu arah atau lainnya, sehingga menggerakkan cakram ke depan atau ke belakang di dalam tubuh. [Ambigu] Pengepakan sering digunakan di antara batang dan kap untuk menjaga anjing laut. Beberapa katup tidak memiliki kontrol eksternal dan tidak memerlukan batang seperti pada kebanyakan katup periksa.

Katup yang cakramnya berada di antara tempat duduk dan batang dan tempat batang bergerak ke arah katup untuk menutupnya, biasanya duduk atau duduk di depan. Katup yang kursinya berada di antara piringan dan batang dan di mana batang bergerak ke arah keluar dari katup untuk menutupnya, duduk terbalik atau duduk kembali. Istilah-istilah ini tidak berlaku untuk katup tanpa batang atau katup menggunakan rotor.

Gasket
Gasket adalah segel mekanis, atau pengepakan, yang digunakan untuk mencegah kebocoran gas atau cairan dari katup.

Bola katup
Bola katup juga digunakan untuk aplikasi tugas berat, tekanan tinggi, dan toleransi tinggi. Mereka biasanya terbuat dari stainless steel, titanium, Stellite, Hastelloy, kuningan, atau nikel. Mereka juga dapat dibuat dari berbagai jenis plastik, seperti ABS, PVC, PP atau PVDF.

Musim semi
Banyak katup memiliki pegas untuk memuat pegas, untuk secara normal memindahkan disk ke beberapa posisi secara default tetapi memungkinkan kontrol untuk memposisikan ulang disk. Katup pelepas biasanya menggunakan pegas untuk menutup katup, tetapi membiarkan tekanan yang berlebihan memaksa katup terbuka terhadap pemuatan pegas. Coil springs biasanya digunakan. Bahan pegas yang khas termasuk baja berlapis seng, baja tahan karat, dan untuk aplikasi suhu tinggi Inconel X750.

Memangkas

Elemen-elemen internal dari sebuah katup secara kolektif disebut sebagai trim katup. Menurut API Standards 600, "Steel Gate Valve-Flanged dan Butt-welding Ends, Bolted Bonnets", trim terdiri dari batang, permukaan tempat duduk di badan, permukaan tempat duduk gerbang, busing atau lasan yang disetor untuk pemandu kursi belakang dan lubang batang. , dan bagian internal kecil yang biasanya menyentuh fluida servis, tidak termasuk pin yang digunakan untuk membuat sambungan batang-ke-gerbang (pin ini harus terbuat dari bahan stainless steel austenit).

=====

Kami melayani pembelian product : Valves, Control Valve, Steam Line, Fitting & Flange,
Instumentations, Pumps (Pompa), PVC, Safety Equipment, Expansiont Joint & Sanitary Valve. Dan Siap mensupply seluruh wilayah Indonesia & Internasional.

Bagi anda yang ingin bertanya-tanya mengenai product/order/mengajukan permintaan harga (Inquery) bisa hubungi kami melalui (You can contact us at) :

Website : www.arita.co.id
Instagram : @ptaritaprimaindonesiatbk
Facebook : @ptaritaprimaindonesiatbk (Fanpage)
Twitter : @aritatbk
Whatsapp : HUBUNGI +62 815-1489-8997

Blog ini adalah khusus penanganan langsung dari  konsumen/customer yang ingin bertanya perihal product barang, mengajukan Inquery dan lain sebagainya. dan tentunya blog ini dikelola langsung oleh tim Digital Marketing ARITA.

Untuk website official kami di www.arita.co.id untuk penanganan khusus perkara umum terkait Komplain, product, harga, pengajuan inquery dan lain sebagainya.

Tentang kami :

- Professional
- Barang Berkualitas
- Bersertifikasi
- Perusahaan Go Public (Tbk) Pertama satu-satunya di Indonesia di tahun 2013
- Telah memiliki Pabrik di ARITA Purwakarta
- Pelayanan Customer is number one
- Siap melayani yang terbaik dari proses Inquery - Product sampai ke konsumen
- Bergaransi (Waranty)
- Free Ongkir
- Memiliki lebih dari 45 cabang di seluruh Indonesia
- Harga dapat Negosiasi (hingga kesepakatan bersama tercapai)
- Pembelian dengan system Project akan mendapatkan diskon besar-besaran (hingga deal)
- Kami bukan seperti marketplace yang membeli kucing di dalam karung, tapi kami yang menjual, kami yang mengantar. masalah retur, ketidaksesuai spek barang dlsbgnya bisa hubungi kami segera. kami akan segera menindaklanjuti secepatnya. karena pelayanan customer bagi kami no. 1

SALAM ARITA!

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar